Sejarah Kereta Api dari Masa ke Masa di Dunia
Sejarah kereta api di dunia bermula pada 1804, saat kereta uap melaju di atas rel industri Inggris. Dahulu adanya kereta api membawa dampak signifikan pada efisiensi dan kecepatan pengiriman. Perjalanan jarak jauh seperti dari New York ke California yang biasanya butuh 1-2 bulan bisa dipotong menjadi hanya hitungan hari.
Lokomotif kereta uap dibuat pertama kali pada 1804 oleh Richard Trevithick, untuk menggerakkan mesin menggunakan uap bertekanan tinggi. Kemudian tanggal 21 Februari 1804 menjadi perjalanan kereta uap pertama hasil temuan Richard Trevithick, yang dilakukan di jalur trem milik pabrik besi Penydarren. Namun, saat kereta uap pertama beroperasi dan membuka sejarah perkembangan kereta api di dunia, orang-orang justru takut menaikinya.
Orang-orang khawatir kalau penumpang tidak bisa bernapas, atau bahkan tidak sadarkan diri karena guncangan yang disebabkan oleh kereta api. Akan tetapi karena biayanya yang murah dan waktu tempuh yang singkat, kereta api lambat laun menjadi alat transportasi yang digemari banyak orang.
James Watt, insinyur dan mekanik dari Skotlandia, adalah salah satu penemu yang berkontribusi dalam sejarah kereta api di dunia. Ia menyempurnakan mesin uap buatan Thomas Newcomen. Mesin uap karya James Watt mampu menggerakkan roda kereta api, karena bekerja dengan cara bolak-balik dan dikembangkan pada 1769.
Awalnya mesin ini digunakan pada pabrik kapas, kemudian James Watt menyempurnakannya dan menggunakan teknologi ini pada mesin yang lebih kecil untuk digunakan pada kereta. Rel sudah ada sebelum kereta api Usut punya usut, ternyata, rel kereta sudah lebih dulu ada sebelum kereta api diciptakan. Sejarah kereta api di dunia mencatat, rel pertama terbuat dari kayu dan digunakan sebagai jalur untuk menarik gerobak yang digunakan pada industri tambang sekitar 1550-an.
Baru pada akhir 1760-an rel dari logam mulai digunakan dengan memasang besi cor ke atas rel kayu. Kereta api awalnya dipakai untuk membawa hasil tambang, dan sejak 1604 berkembang menjadi digerakkan oleh kabel.
Awalnya Dianggap Mengganggu Berkembang jadi kereta listrik dan diesel Kemajuan teknologi membuat kereta api terus berkembang, dari memakai tenaga uap kemudian listrik dan diesel. Sejarah kereta api pertama di dunia menyebutkan, lokomotif kereta listrik pertama dibuat oleh seorang ahli kimia bernama Robert Davidson dari Skotlandia pada 1837.
Lokomotif listrik ini digerakkan dengan menggunakan baterai dan disebut sebagai lokomotif listrik dengan tenaga baterai pertama. Robert Davidson kemudian membuat lokomotif yang lebih besar dan diberi nama Galvani. Galvani bisa mengangkut beban seberat enam ton dengan kecepatan melaju sekitar enam kilometer per jam untuk jarak 2,4 kilometer.
William Dent Priestman lalu membuat desain pembakaran internal pada kereta api. Tahun 1894 desain mesin William Dent Priestman mulai dibuat menjadi mesin dua poros. Selanjutnya pada 1906 lokomotif bertenaga diesel dibuat oleh Rudolf diesel, Adolf Klose, dan produsen mesin uap Gebruder Sulzer. Pada 1912 lokomotif bertenaga diesel pertama di dunia mulai beroperasi di jalur kereta api Winterthur di Swiss.
Dalam sejarah kereta api dari masa ke masa, nama Stockton and Darlington Railway berkontribusi besar sebagai perusahaan KA pertama yang melayani penumpang. Ide pengembangan ini berawal dari George Stephenson yang ingin membantu ayahnya di tambang. Lalu pada 27 September 1825, kereta yang dikembangkan Stepenshon memulai debutnya. Kereta ini menggunakan lokomotif uap menggunakan jalur rel sepanjang 42 kilometer. Jalur tersebut dibangun antara Darlington dan Stockton, kemudian dari Darlington menuju Inggris Utara. Jalur yang awalnya digunakan untuk menghubungkan tambang batu bara menuju kapal yang berlayar di laut, akhirnya juga berfungsi untuk mengangkut penumpang.
Stephenson mengendalikan kereta uapnya membawa 450 orang dengan kecepatan 15 mil atau 24 km per jam. Kereta ini membawa 28 gerbong dengan 21 gerbong untuk penumpang dan 6 gerbong untuk batubara. Kereta penumpang pertama ini memerlukan waktu sekitar dua jam untuk menempuh 19 kilometer. Sebagian penumpang duduk berdekatan dengan batu bara. Demikian sejarah kereta api di dunia dari masa ke masa.
Awal Mula ditemukan Kereta Api
Pada tahun 1698, Thomas Savery menemukan mesin bertenaga uap. Namun, mesin tersebut tidak dimaksudkan untuk menyalakan kendaraan kereta api. Melainkan untuk mengambil air.
Pada perkembangan selanjutnya, James Watt dengan bantuan asistennya William Murdoch, menemukan mesin uap self-propelled. Mereka mampu membuat model kerja, tetapi tidak menghasilkan lokomotif skala penuh yang mampu menarik gerobak.
Kereta api ditemukan oleh Richard Trevithick pada tahun 1803. Ia merupakan seorang insinyur berkebangsaan Inggris. Trevithick berhasil memanfaatkan uap bertekanan tinggi dan membangun lokomotif kereta api uap pertama di dunia.
Lokomotif ini menyelesaikan perjalanan kereta api bertenaga uap pertama pada 21 Februari 1804, dengan menarik 5 gerbong, 10 ton besi dan 70 penumpang. Sayangnya, masih banyak kekurangan utama dalam desain Trevithick. Bahkan, sebagian besar karya Trevithick tidak dikenali pada saat itu.
Sosok Richard Trevithick Sang Penemu Kereta Api
Richard Trevithick lahir pada tanggal 13 April 1771 di Illogan, Cornwall, Inggris dan meninggal dunia pada 22 April 1833 di Dartford, Kent, Inggris tenggara, dilansir dari Ensiklopedia Britannica.
Trevithick menghabiskan masa mudanya di Illogan di distrik penambangan timah Cornwall dan bersekolah di sekolah desa. Kepala sekolah menyebutnya sebagai siswa yang tidak patuh, lambat, dan keras kepala.
Trevithick bahkan hampir tidak bisa membaca. Namun, di awal kehidupannya, ia menunjukkan bakat luar biasa di bidang teknik. Karena kemampuan intuitifnya untuk memecahkan masalah yang membingungkan para insinyur berpendidikan, ia memperoleh pekerjaan pertamanya sebagai insinyur di beberapa tambang bijih Cornish pada tahun 1790 pada usia 19 tahun.
Trevithick membangun kereta uap pertamanya, yang ia kendarai di atas bukit di Camborne, Cornwall, pada malam Natal tahun 1801. Bulan Maret berikutnya, dengan sepupunya Andrew Vivian, ia mengeluarkan paten bersejarahnya untuk mesin bertekanan tinggi untuk penggunaan stasioner dan lokomotif.
Pada tahun 1803 ia membangun gerbong kedua, yang ia kendarai melalui jalan-jalan London, dan membangun lokomotif kereta api uap pertama di dunia di Penydaren Ironworks Samuel Homfray di South Wales.
Sangat menarik berbagai sejarah mengenai bidang teknik seorang penemu kereta api yang juga merupakan seorang insinyur, ada yang cita-cita nya menjadi seorang insinyur atau penemu ? Sangat tertarik di bidang teknik lain pendukung teknologi sekarang ini apa saja ya ? Ada juga teknik kimia, teknik informatika, dan sistem informasi lohh!!
So tunggu apalagi ingin tau info menarik jurusan di kampus teknik yang menjadi kampus unggulan, silahkan klik link berikut