Apakah Anak Madrasah Aliyah bisa berkuliah di Kampus Teknik? - Pendaftaran Mahasiswa Baru Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya

Pengetahuan UmumApakah Anak Madrasah Aliyah bisa berkuliah di Kampus Teknik?

Apakah Anak Madrasah Aliyah bisa berkuliah di Kampus Teknik?

By: / Pengetahuan Umum / Comments Off on Apakah Anak Madrasah Aliyah bisa berkuliah di Kampus Teknik?

Madrasah aliyah adalah jenjang pendidikan menengah pada pendidikan formal di Indonesia yang setara dengan sekolah menengah atas. Pengelolaannya dilakukan oleh Kementerian Agama. Jenjang kelas dalam waktu tempuh madrasah aliyah sama seperti sekolah menengah atas.

 

Madrasah Aliyah menyelenggarakan pendidikan pada empat jurusan, antara lain: Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Ilmu-Ilmu Keagamaan, dan Bahasa. Kurikulum yang dipakai Madrasah Aliyah sama dengan kurikulum Sekolah Menengah Atas, hanya saja pada MA lebih banyak muatan Pendidikan Agama Islam, seperti Fiqih, Akidah, Akhlak, Al-Quran, Hadits, Bahasa Arab, dan Sejarah Kebudayaan Islam.

Sebagian dari siswa MA ingin melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi yakni di bangku perkuliahan. Namun, bagi sebagain siswa merasa ragu untuk melanjutkan ke bangku perkuliahan, khusunya di jurusan Teknik. Di era merdeka belajar saat ini, semua siswa madrasah aliyah bisa mengambil jurusan apapun yang mereka inginkan.

 

Sebelum memilih jurusan di kampus teknik, ada baik nya kalian mencari informasi terlebih dahulu tentang jurusan yang kalian minati.  Di samping mencari informasi tentang jurusan yang akan dipilih, tidak lupa juga mencari informasi tentang kampus unggulan. Terlebih kampus yang menawarkan beasiswa bagi para mahasiswa nya. Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya memiliki beberapa jurusan yang bisa kalian pilih, antara lain:

  1. Teknik Sipil
  2. Arsitektur
  3. Teknik Lingkungan
  4. Teknik Mesin
  5. Teknik Industri
  6. Teknik Kimia
  7. Teknik Pertambangan
  8. Teknik Informatika
  9. Teknik Elektro
  10. Sistem Informasi

Kampus ITATS juga menyediakan beasiswa bebas dana pengembangan sebesar 8 juta rupiah bagi 100 orang siswa/siswi MA pendaftar pertama. Untuk informasi selengkapnya bisa klik disini.