Seiring dengan berkembang nya Start Up di Indonesia berkembang pula istilah-istilah yang berkaitan dengan hal tersebut. Salah satu istilah yang sering sekali kita dengar yaitu CEO, tapi sebenarnya apa sih arti dari kata CEO itu sendiri? Yuk Simak pembahasan mengenai CEO di bawah ini
Chief executive officer (CEO) adalah eksekutif dengan peringkat tertinggi di sebuah perusahaan. Secara umum, tanggung jawab utama chief executive officer termasuk membuat keputusan besar perusahaan, mengelola keseluruhan operasi dan sumber daya perusahaan, bertindak sebagai titik komunikasi utama antara dewan direksi dan operasi perusahaan. Dalam banyak kasus, chief executive officer berfungsi sebagai wajah publik perusahaan. CEO dipilih oleh dewan dan pemegang sahamnya . Mereka melapor kepada ketua dan dewan, yang ditunjuk oleh pemegang saham.
Sebagai posisi tertinggi dari suatu perusahaan, tentu saja seorang CEO memiliki fungsi manajerial, yaitu plan, organize, actuating, dan controlling (POAC). Tak hanya itu, menurut The Balance Careers, terdapat berbagai tugas dan wewenang lain yang harus dijalankan seorang CEO, di antaranya adalah:
1. Menciptakan, mengomunikasikan, dan mengimplementasikan visi misi dan gambaran umum tujuan organisasi atau perusahaan kepada seluruh karyawan
2. Memimpin perkembangan dan pengimplementasian strategi perusahaan
3. Berkomunikasi dengan board of director untuk kemajuan perusahaan
4. Melihat perkembangan operasional perusahaan
5. Melihat potensi kerja sama dengan perusahaan lain yang memiliki kesamaan tujuan
6. Mewakili perusahaan dalam urusan-urusan kemasyarakatan, serta menjalin komunikasi dengan pemangku kebijakan baik pemerintah pusat atau daerah
7. Menjalin hubungan dengan sesama CEO untuk meningkatkan kredibilitas perusahaan, reputasi perusahaan, serta mengembangkan kemampuan kepemimpinan
Dari berbagai tugas dan wewenang di atas, hal utama yang harus dipastikan oleh CEO adalah kemampuan memimpin perusahaan dengan baik. Tanpa hal tersebut, maka seorang CEO bisa dianggap gagal.